Gaji Rp. 2 Jt Hidup di SOLO, Cukup Enggak sih ??

Gaji Rp. 2 Jt Hidup di SOLO, Cukup Enggak sih ??

Setuju?
Kira-kira cukup enggak sih dengan gaji Rp2 juta hidup di Kota Solo, Jawa Tengah?
Kota yang dipimpin oleh Gibran Rakabuming Raka ini diklaim sebagai salah satu kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia.
Bahkan, ada yang mengaku bisa makan kenyang dengan Rp10.000 saja di Kota Solo.
“Saya punya satu tempat favorit makan saat tanggal tua di Nusukan [Banjarsari] yang dengan uang Rp10.000 sudah bisa makan dengan nasi, sayur, sambal, lauk tempe, dan minuman teh hangat,” ujar salah satu pendatang dari luar Solo, Muhammad S kepada Solopos.com, beberapa waktu lalu.
Biaya hidup murah di Kota Solo ini juga dibenarkan oleh Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, BRM Bambang Irawan.
“Memang Solo itu kalau dibandingkan kota seperti Jakarta, Semarang, Bandung, Surabaya, atau Jogja, memang paling rendah [biaya hidup]. Sebab Jogja, Semarang, dan kota-kota itu semua kota provinsi,” terangnya, seperti diberitakan Solopos.com sebelumnya.
Dengan Upah Minimum Kota (UMK) 2021 sebesar Rp2.013.810, apakah cukup hidup di Solo dengan gaji Rp2 juta?
Mengutip artikel dari portal asuransi Lifepal.co.id, gaji Rp2 juta ternyata cukup untuk tinggal di Solo dengan catatan masih lajang.
Untuk biaya indekos atau sewa tempat tinggal, biaya yang dibutuhkan sekitar Rp500.000 per bulan. Sedangkan untuk sekali makan hanya dibutuhkan anggaran Rp10.000 saja.
Jika ditotal-total kebutuhan utama (tempat tinggal dan makan) di Solo, kamu cukup mengeluarkan Rp1,4 juta saja. Untuk keperluan lainnya, seperti bensin dan internet, Anda bisa menyesuaiakannya.
Selain itu, untuk masalah transportasi di Solo, Anda tak perlu khawatir. Hingga sekarang, Senin (22/11/2021), transportasi umum bus Batik Solo Trans atau BST masih memasang tarif 0 rupiah alias gratis.
Lalu, bagaimana dengan gaji Rp2 juta untuk yang sudah berkeluarga?
Menurut situs portal pendidikan dan karir, Renesia.com, biaya hidup untuk keluarga di Solo ternyata rata-rata adalah Rp3,5 juta per bulan dengan jumlah anggota keluarga sebanyak tiga.
Bagaimana, tertarik untuk tinggal di Solo?
Sumber : ©SOLOPOS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

English EN Bahasa Indonesia ID