MotoGP Valencia 2021, Balapan Terakhir Valentino Rossi

MotoGP Valencia 2021, Balapan Terakhir Valentino Rossi

KOMPAS.com – Kejuaraan Dunia MotoGP 2021 telah mencapai seri terakhir yang akan dihelat di Valencia, Spanyol. Adapun rangkaian MotoGP Valencia 2021 akan bergulir di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, mulai Jumat (12/11/2021) hingga Minggu (14/11/2021). MotoGP 2021 telah menemukan sang juara dengan keberhasilan pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, mengunci gelar pada balapan seri ke-16 MotoGP Emilia Romagna.

Kini, jutaan pasang mata akan lebih tertuju kepada Valentino Rossi, sang pebalap yang telah melegenda dalam dua dekade terakhir di MotoGP. Ya, Sirkuit Ricardo Tormo akan menjadi venue perpisahan Valentino Rossi karena dirinya telah memutuskan pensiun akhir musim ini.

 

Pebalap yang membela Petronas Yamaha SRT tersebut pensiun pada usia ke-42 tahun. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email Rossi menilai bahwa sudah saatnya dia gantung helm menyusul performanya yang tak mampu lagi ke level tertinggi. Hal tersebut terbukti dengan pencapaian Rossi yang selalu gagal naik podium dan hanya mampu tiga kali menembus 10 besar sepanjang musim 2021. Alhasil, Rossi rercecer di peringkat ke-20 klasemen MotoGP 2021 dengan baru meraup 38 poin. Ini tentu bukan pencapaian bagus bagi sang peraih tujuh gelar juara dunia MotoGP. Terlebih lagi, Rossi merupakan pemegang rekor 89 kemenangan, terbanyak di kelas utama.

 

Terlepas dari hasil buruk yang ditorehkan musim ini, The Doctor bertekad tampil maksimal untuk memberikan perpisahan yang manis kepada para penggemar. “Saya berharap bahwa saya akan memiliki kesempatan untuk mengatakan ‘sampai jumpa’ kepada penggemar saya dengan cara yang baik,” kata Rossi dilansir dari GPOne. “Saya juga tak lupa akan mengucapkan terima kasih atas dukungan yang telah mereka berikan selama ini,” ungkapnya.

Sirkuit Ricardo Tormo sendiri merupakan lintasan yang cukup sulit bagi Valentino Rossi. Meski pernah delapan kali naik podium di MotoGP Valencia, Rossi hanya mampu dua kali menjadi pemenang.

Kemenangan terakhir pebalap asal Italia tersebut di Valencia terakhir terjadi pada musim 2004. Valencia juga menjadi saksi pahit untuk Rossi. Sebab, dua kali dia gagal menjadi juara MotoGP pada seri terakhir musim 2006 dan 2015. “Valencia adalah sirkuit yang sulit dalam berbagai hal, terutama karena Valencia biasanya menjadi seri penutup,” ujar Rossi. “Saya berharap cuaca di sana bagus sehingga kami bisa fokus menyelesaikan balapan terakhir di posisi 15 besar untuk meraup beberapa poin,” tandas sang legenda.

sumber : kompas.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

English EN Bahasa Indonesia ID