Kronologi Unboxing Logistik WSBK versi Bea Cukai

Kronologi Unboxing Logistik WSBK versi Bea Cukai

Direktur Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan Askolani buka suara soal kronologi unboxing alias pembukaan logistik tim balap yang akan berlaga di ajang World Superbike (WSBK) di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 19-21 November 2021.
Aksi unboxing itu sempat viral di publik melalui unggahan video di media sosial. Aksi unboxing diduga dilakukan oleh salah satu panitia WSBK, namun tersiar kabar bahwa pembukaan logistik dilakukan oleh pihak DJBC.

Atas kabar ini, Askolani mengatakan proses pembukaan kargo logistik tim balap WSBK sepenuhnya dilakukan oleh panitia. Begitu juga dengan penutupan kargonya, sepenuhnya tanggung jawab panitia.
“Pembukaan barang dilakukan oleh perwakilan panitia, yaitu pengurus barang impor (PPJK). Setelah selesai pemeriksaan fisik, tanggung jawab untuk menutup kembali dan pengamanannya dilakukan oleh panitia atau penyelenggara,” kata Askolani kepada CNNIndonesia.com, Kamis (11/11).

Sementara petugas DJBC, sambungnya, hanya melakukan pemeriksaan fisik barang sesuai prosedur kepabeanan. Hal ini untuk memastikan jumlah dan jenis barang sesuai standar, operasional, dan prosedur (SOP) pemeriksaan barang impor.
Lebih lanjut, berikut kronologi aktivitas pemeriksaan logistik tim balap WSBK versi DJBC:
Logistik tim balap WSBK tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid pada Senin (8/11) pukul 23.00 WITA. Kargo logistik itu bermuatan 100 ton.

Logistik susulan tiba lagi di bandara pada Selasa (9/11) pukul 14.20 WITA. Logistik itu dibawa oleh Qatar Airways dari Doha menggunakan pesawat kargo Boeing 777.
Selanjutnya, DJBC Mataram melakukan pemeriksaan Carnet atau dokumen kepabeanan internasional. Pemeriksaan Carnet mencakup dokumen ATA Carnet dan CPD Carnet.

ATA Carnet adalah dokumen kepabeanan yang diterima sebagai pemberitahuan kepabeanan dan juga berfungsi sebagai jaminan yang berlaku secara internasional.

Dokumen ini juga digunakan untuk barang lain selain saran pengangkut dengan tujuan untuk dikendarai.
“Penggunaan Carnet dalam impor barang keperluan balapan IATC dan WSBK mendapat pembebasan bea masuk dan pajak dalam rangka impor,” terang DJBC Mataram melalui unggahan di Instagram resminya.
Kendati begitu, video unboxing logistik tim balap WSBK yang sudah terlanjur viral tetap mengundang kemarahan dari Direktur Sport Ducati Corse Paolo Ciabatti.

Direktur Eksekutif WSBK Gregrio Lavilla pun meminta maaf atas insiden tersebut dan langsung memecat panitia yang diduga membuka kargo tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

English EN Bahasa Indonesia ID