Cara Cek Bantuan Kuota Kemendikbud Oktober 2021

Cara Cek Bantuan Kuota Kemendikbud Oktober 2021

SEVIMA.COM – Bantuan kuota internet Kemendibud sudah cair mulai 11 Oktober 2021. Cara mengecek bantuan kuota internet Kemendikbud cukup mudah. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menyalurkan bantuan kuota data internet kepada 26,6 juta pendidik dan peserta didik periode Oktober 2021.

Bantuan tersebut disalurkan ke 24,9 juta peserta didik jenjang PAUD hingga pendidikan tinggi dan 1,73 juta pendidik jenjang PAUD hingga pendidikan tinggi.

“Bantuan kuota data internet kembali disalurkan di bulan Oktober ini kepada sejumlah 26,6 juta penerima untuk menunjang pembelajaran baik bagi yang sudah PTM (pembelajaran tatap muka) terbatas, maupun yang masih PJJ (pembelajaran jarak jauh),” ujar Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim, Selasa (12/10/2021).

Baca juga: Mahasiswa, Ini 5 Tips Menghadapi Dosen Killer, Siap-siap Dapat Nilai A

Kuota internet Kemendikbud

Penyaluran bantuan kuota disalurkan kepada nomor ponsel yang telah terverifikasi dan divalidasi. Sebagai tambahan informasi, penerima bantuan kuota bulan ini ditambah sebanyak 2,2 juta orang dibandingkan bulan September lalu, dikarenakan pemutakhiran nomor ponsel yang sudah diverifikasi dan divalidasi.

Kuota umum

Bantuan kuota data internet tahun ini semuanya kuota umum. Sehingga dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi kecuali yang diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Daftar situs dan aplikasi yang diblokir dapat dicek di web resmi http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id .

Baca juga: Mahasiswa, Ini 4 Tips Persiapan Karier yang Harus Diketahui!

Cara cek kuota Kemendikbud Oktober 2021

Bantuan kuota data internet disalurkan secara bertahap pada tanggal 11-15 setiap bulannya. Untuk masa berlaku kuota bantuan ini selama 30 hari sejak diterima. Pengecekan bantuan kuota data internet dilakukan sesuai provider masing-masing, sebagai berikut:

– Telkomsel

  • Melalui SMS dari Telkomsel
  • Menghubugi *888#
  • Aplikasi MyTelkomsel

– Indosat

  • Aplikasi myIM3
  • Menghubungi nomor USSD *123*075#, pilih nomor 1

– Tri

  • Menghubungi nomor USSD *123*10*3#
  • Aplikasi Bima+

– XL dan Axis

  • Menghubungi nomor *123#, lalu pilih info
  • Aplikasi myXL dan AxisNet

Baca juga: Mahasiswa, Lakukan 3 Hal ini Ketika PTM Dimulai

Cara mendapatkan bantuan kuota internet Kemendikbud

Apabila siswa, mahasiswa, guru atau dosen belum menjadi penerima bantuan, yang bersangkutan dapat melaporkan ke pimpinan satuan pendidikan masing-masing. Setelah itu, pimpinan atau operator satuan pendidikan mengunggah SPTJM untuk nomor baru ke

– https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id untuk jenjang PAUD atau pendidikan dasar hingga menengah
– https://kuotadikti.kemdikbud.go.id untuk jenjang mahasiswa atau dosen

Sedangkan untuk mengubah nomor handphone penerima, maka pimpinan atau operator satuan pendidikan juga mengirimkan nomor yang diubah ke:

– https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id untuk jenjang PAUD atau pendidikan dasar hingga menengah
– https://kuotadikti.kemdikbud.go.id untuk jenjang mahasiswa atau dosen.

Pengunduhan SPTJM paling lambat tanggal 5 November untuk penerima bulan November, dan ini menjadi bulan terakhir pemberian kuota gratis oleh Kemendikbud.

Pemutakhiran data

Secara terpisah, Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Kapusdatin) M. Hasan Chabibie mengingatkan agar kepala sekolah dan pimpinan perguruan tinggi dapat memutakhirkan data nomor ponsel peserta didik dan pendidik pada sistem data pokok pendidikan (Dapodik) dan pangkalan data pendidikan tinggi (PD Dikti).

Selain itu, perlu untuk mengunggah Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) pada portal http://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id untuk PAUD, pendidikan dasar dan menengah, atau http://kuotadikti.kemdikbud.go.id untuk jenjang pendidikan tinggi.

“Agar semua peserta didik dan tenaga pendidik mendapatkan bantuan data kuota internet ini, kami harap kepala sekolah dan pimpinan pendidikan tinggi dapat memutakhirkan data nomor ponsel pada Dapodik dan PDDikti, agar semua warga pada satuan pendidikan dapat menerima bantuan ini,” ujar dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

English EN Bahasa Indonesia ID