Jakarta – Youtuber Volpe Where Are You mengulas pengalaman naik kereta api luxury tiba-tiba viral. Gegaranya, salah satu komentator dari India menyebut Stasiun Gambir mirip bandara.

Video itu bukan video baru. Video berjudul Bule review Argo Bromo Anggrek Luxury Indonesian Train dari Jakarta ke Surabaya itu diunggah pada 14 Oktober 2019.

“Ini adalah kereta api terbaik Indonesia dan menyerupai kelas bisnis di sebuah maskapai penerbangan. Apakah setimpal naik kereta api mewah Argo Bromo Anggrek? Cari tahu saat saya naik kereta Indonesia untuk vlog perjalanan kereta,” begitulah keterangan yang dibuatnya.

Dari video berdurasi sekitar 20 menit itu, Volpe mencantumkan harga tiket kereta tersebut Rp 1.350.000. Dia merekam sejak dari ruang tunggu, memasuki area perhentian kereta, berinteraksi dengan pramugari, menjajal fasilitas di dalam kereta api mulai dari selimut, handuk, hingga makanan. Dia juga menceritakan ada yang ngorok di kereta yang memulai perjalanan pada malam hari itu.

Dari pantauan detikcom, video milik Youtuber dengan 533 ribu subscriber itu disaksikan sekitar 535 ribuan penonton. Video itu mendapatkan apresiasi hingga 1.200-an komentar.

 

Mayoritas berterima kasih sudah berbagi pengalaman dan memuji kereta api yang ditumpanginya. Tidak sedikit pula yang meminta Volpe untuk menjajal bus antar kota antar provinsi yang ada di Indonesia.

Komentar-komentar itu sudah cukup lama diberikan oleh netizen. Tidak jauh dari waktu video itu diunggah.

Baru-baru ini video tersebut kembali menjadi perbincangan. Itu setelah akun Twitter @ridu mengunggah potongan komentar netizen yang menyebut seharusnya India belajar dari Indonesia cara menjaga stasiun kereta api yang seperti bandara.

Bule review KA Argo Anggrek trus baca komen orang India ngeliat stasiun Gambir berasa kaya di Bandara,” tulis akun @ridu.

Akun @PraneethGSKTech360 merespons dengan pujian serupa. “Stasiun kereta api lebih bersih daripada bandara. India seharusnya belajar dari Indonesia… Cinta Indonesia dari India.”

Akun @Ramil Navato juga menilai layanan kereta api di Indonesia lebih sip ketimbang Filipina.

“Layanan kereta api jauh lebih baik daripada di Filipina. Saya pikir pemerintah sudah melakukan yang terbaik dalam memberikan pelayanan, masalahnya ada pada orang-orangnya. Tidak adanya disiplin dan kerja sama untuk meningkatkan sistem.”

Netizen Indonesia juga menimpali cuitan itu. Ada yang membeberkan masa kelam kereta api Indonesia, namun kemudian ada perbaikan.

“Dulu mah persis kaya India sebelum pak Jonan turun tangan, masih kebayang naik ekonomi ke Jakarta lagi enak” tidur tiba” kepala dipijet pake ginian sama pedagang asongan yang masuk,” cuit @ganangsay.

“Waktu pak Jonan pegang KAI. Jadi masa revolusi perkerataapian di indonesia. Dulu tahun 2005an naik kereta ekonomi kumuh banget, 2010an udah lebih baik,” @Penghhuluikan membalas cuitan itu.

“Wah, kalo pernah ke stasiun kereta api di India sih, ngenes… Coba cari dokumenternya The Great Indian Railways,” @fajarnugros menimpali.

Bagaimana pendapat traveler?
Seperti apa Videonya :

Sumber berita : Detikcom
Sumber video : Youtube

Asep Komarudin

By Shevcomp

Memberikan Informasi & Inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *