Hallo Campuspedia Chingu! Bagi teman-teman yang sedang berkuliah maupun sedang tugas akhir, pasti butuh banget nih tips-tips cepat menggunakan word untuk mengerjakan tugas. Tips ini bertujuan untuk mempermudah pekerjaan teman-teman agar lebih cepat selesai. Khususnya bagi kalian yang sedang mengerjakan tugas akhir.

Microsoft Office Word memiliki fungsi untuk membuat dokumen pada perangkat. Word dapat diakses melalui handphone maupun laptop, sehingga memudahkan untuk membuat dokumen dimana saja. Untuk mempercepat pekerjaan kita menggunakan Word, kita perlu melakukan beberapa cara untuk mempersingkat waktu.

Di sini minca akan kasih tahu nih beberapa tips yang bisa chingu gunakan, sesuai yang dibutuhkan ya. Yuk simak beberapa tipsnya berikut ini

Baca juga: Tutorial Lengkap Menggunakan Mendeley di Word

Caps Lock Huruf Dan Sebaliknya (Shift+F3)

Ketika sedang menulis seringkali kita lupa untuk mematikan atau menyalakan tombol capslock. Dari pada harus menghapus lalu menulis ulang, lebih baik chinggu tekan Shift+F3 untuk mempermudahnya.

Copy & Paste Sesuai Format (Ctrl+Shift+C/V)

Copy dan paste mungkin terdengar biasa, namun cara ini bisa mempermudah kamu untuk memperbaiki format tulisan. Agar bisa copy dan paste format tulisan dengan yang sudah ada chingu bisa tekan Ctrl+Shift+C/V.

Blok Seluruh Paragraf (Klik 3x)

Untuk memblok satu paragraf biasanya kita akan menekan mouse dari awal paragraf sampai akhir paragraf. Hal ini tidak perlu kalian lakukan lagi, hanya tekan mouse sebanyak 3x pada paragraf yang ingin diblok, lalu paragraph yang kamu pilih pun akan terblok dengan sendirinya.

Blok Kalimat (Ctrl+Kalimat)

Untuk memilih kalimat sekarang chingu tidak perlu mengarahkan mouse ke kalimat yang ingin diganti, cukup dengan Ctrl lalu pilih kalimat yang ingin diedit. Dengan ini kamu tidak perlu lama menekan mouse untuk memblok satu kalimat.

Baca juga: Rekomendasi Website Jitu Buat Cek Typo di Word Sekaligus EYD

Mengoreksi Kata (Klik Mouse Kiri 2x)

Biasanya kita akan sering salah mengetik jika sudah terburu-buru, dan tidak sadar jika ada kata yang salah atau terbalik. Jika menekan mouse kiri sebanyak 2x kata yang salah akan dengan cepat memunculkan hasil koreksi. Sehingga meminimalisir adanya kata-kata yang keliru.

Memindahkan Paragraf (Shift+Alt+↓/↑)

Jika ingin memindahkan paragraf biasanya kita akan memblok seluruh paragraph, lalu mengcopy dan paste ke tempat yang diinginkan. Sekarang chingu hanya perlu menekan Shift+Alt lalu arahkan ke tempat dimana paragraph ingin dipindahkan.

Kembali ke Bagian Terakhir Yang Diedit (Shift+F5)

Biasanya ini terjadi saat laptop tiba-tiba mati kehabisan baterai atau sebagainya, sehingga kita lupa sampai dimana hasil pekerjaan kita. Untuk solusi masalah ini chinggu bisa langsung menekan Shift dan F5 untuk kembali ke bagian terakhir yang telah diedit.

Mengganti Halaman (Ctrl+Enter)

Membuat halaman baru pun sekarang bisa lebih mudah, tidak perlu enter sampai halaman baru tersedia. Kalian hanya tingga menekan Ctrl dan Enter untuk bisa berpindah ke halaman baru. Jadi dokumenmu akan lebih rapi.

Blok Kalimat Secara Bebas (Alt)

word

Ternyata Word juga bisa memblok kata secara bebas loh, berikut merupakan contoh dari tips satu ini. Chingu bisa menekan Alt lalu mengarahkan pada kata yang ingin di edit. Hasilnya akan seperti gambar di atas.

Baca juga: Cara Membuat CV dari Ms. Word, Hasilnya Nggak Kalah Cantik Dengan Aplikasi Lain!

Nah itu dia chingu beberapa informasi mengenai tips menggunakan Word secara cepat. Share info ini ke teman-temanmu supaya semakin banyak yang mengetahui informasi ini ya!

Jangan lupa untuk follow akun InstagramLinkedInFacebookTwitterYoutube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

Asep Komarudin

By Shevcomp

Memberikan Informasi & Inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *