Hallo Campuspedia Chingu! Siapa yang tidak tahu tentang Youtube? Setiap orang tentu mengenal Youtube, bahkan setiap hari kita pasti mengakses Youtube sebagai media hiburan sehari–hari. Dengan Youtube kita dapat mengakses berbagai macam video mulai dari video musik, tutorial, hingga film pun tersedia disana.

Saat ini Youtube banyak digunakan untuk platform belajar, hampir setiap sekolah yang menerapkan sistem belajar dari rumah menggunakan Youtube untuk mengunggah berbagai macam pelajaran yang diajarkan. Hal ini merupakan salah satu manfaat Youtube dalam bidang pendidikan, selain itu masih banyak lagi manfaat yang diberikan oleh Youtube.

Baca juga: Ikuti Beberapa Tips Jadi Youtuber Sukses Berikut Yuk!

Youtube

Sejarah & Perkembangan Youtube

Youtube didirikan pada 14 Februari 2005 oleh 3 orang yang merupakan mantan karyawan perusahaan pembayaran digital PayPal yaitu Chad Hurley, Jawed Karim, dan Steve Chen. Sebelum Youtube pertama kali diluncurkan hanya sedikit sekali orang yang mengetahui mengenai platform ini. Peluncuran platform ini pada awalnya dikarenakan beberapa kejadian besar yang tidak semua orang mengetahuinya. Lalu mereka pun berusaha membuat sebuah platform dimana setiap orang dapat membagikan video dan juga mendapat informasi dari video tersebut.

Pada awalnya platform ini dibuat untuk berbagi video mengenai diri masing – masing yang dapat digunakan untuk berkencan dan mencari pasangan, namun tidak banyak orang yang tertarik dengan ide ini. Dan pada akhirnya situs ini tidak hanya terpaku pada konsep kencan melainkan dapat menjadi tempat berbagi video apapun itu.

Video pertama yang diunggah di platform Youtube ini adalah video salah satu pendirinya yaitu Jawed Karim, yang sedang mendokumentasikan dirinya saat berada di kebun binatang dan diberi judul Me at the Zoo. Video ini berdurasi 19 detik yang diunggah pada 23 April 2005 dan pada bulan September di tahun yang sama video ini pertama kali mendapat 1.000.000 hit pertama.

Baca juga: Inspiratif! 5 YouTuber Ini Menginspirasi Anak Muda Lewat Dunia Pendidikan

Dalam satu tahun Google melihat adanya potensi besar dari platform ini sehingga memutuskan untuk membeli dan mengembangkan Youtube. Google memutuskan untuk mengakuisisi Youtube pada tahun 2006 dengan mengeluarkan dana US$ 1.65 Miliar atau setara dengan Rp 2.2 Triliun, dan terbukti bahwa dana sebesar itu tidak sia – sia. Saat ini Youtube berkembang pesat dan menjadi besar seperti sekarang.

Chingu penasaran berapa waktu yang diperlukan untuk melihat seluruh video yang diunggah melalui Youtube?

Perlu 80 Tahun Untuk Melihat Semua Konten Di Youtube

Google memberikan informasi bahwa ada lebih dari 500 jam/tiap menit konten diunggah. Berarti terdapat 30.000 jam konten/jam, dan 720.000 jam/hari. Jika kita akumulasikan membutuhkan waktu lebih dari 80 tahun untuk melihat seluruh konten baru yang diunggah ke Youtube.

Ternyata membutuhkan waktu hampir 1 abad ya chingu.

Jika meihat banyaknya konten yang diunggah kita pasti berpikir berapa penghasilan untuk Youtube? Saat ini Youtube menghasilkan penghasilan kurang lebih US$ 20 Miliar atau Rp 285 Triliun setiap tahunnya. Angka ini pasti akan meningkat seiring dengan pesatnya penonton yang menggemari Youtube.

Video Youtube Paling Banyak Ditonton

Menurut CNBC Indonesia video Youtube yang paling banyak ditonton : Despacito – Luis Fonsi ft. Daddy Yankee dengan penonton lebih dari 7.1 Miliar.

Dan pada peringkat 10 ada Sorry – Justin Bieber dengan jumlah penonton lebih dari 3.33 Miliar. Sementara penyanyi dari Korea Selatan yaitu PSY dengan video Gangnam Style berada pada peringkat 7 dengan jumlah penonton lebih dari 3.9 Miliar.

Youtube

 

Sumber : https://www.youtube.com/

Dilihat banyaknya penggemar Youtube tidak heran jika banyak orang yang menginginkan untuk menjadi content creator atau Youtuber. Selain itu Youtube juga memberi penghasilan untuk creator yang mendapat subscriber tertentu. Penghasilan seorang Youtuber terbilang cukup besar, maka banyak orang yang beralih profesi atau menjadikan Youtuber sebagai pekerjaan tambahan untuk mendapat penghasilan. Namun untuk mendapatkan subscriber tertentu tidaklah mudah dan cepat ya chingu, kita tidak boleh berhenti berkreasi untuk terus membuat video yang menarik.

Baca juga: 5 Rekomendasi Channel Youtube Edukasi yang Bikin Mindblown, Wajib Ditonton Mahasiswa!

Nah berikut merupakan informasi mengenai sejarah Youtube, hingga video yang paling banyak ditonton. Share info ini ke teman-temanmu supaya semakin banyak yang mengetahui informasi ini ya!

Jangan lupa untuk follow akun InstagramLinkedInFacebookTwitterYoutube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

Asep Komarudin

By Shevcomp

Memberikan Informasi & Inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *