Memberikan informasi dan inspirasi (All About ACMILAN)

Palapa Aplikasi Percakapan Lokal Sebagai Alternatif WhatsApp

TeknoCerdas.com – Salam cerdas untuk kita semua. Berita gembira datang dari dalam negeri tepatnya dari tim XecureIT. Mereka meluncurkan sebuah aplikasi percakapan bernama Palapa. Dilansir dari Antaranews XecureIT mengklaim bahwa Palapa memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan penyimpanan data terenkripsi.

Aplikasi Palapa merupakan generasi baru dari aplikasi PeSankita Indonesia (PS) yang telah digunakan secara luas di kalangan yang paham dan peduli dengan keamanan dan privasi termasuk dalam Gerakan Ayo Nyoblos Ayo Pantau melalui aplikasi mikro Kawal Pilpres 2019.

TeknoCerdas coba mengulik apa yang istimewa dari aplikasi percakapan Palapa. Namun dari website resminya yang beralamatkan di URL landing.xecure.world belum banyak informasi resmi yang disediakan.

Hal yang dapat TeknoCerdas kutip adalah sumber dari Antaranews yang menyebutkan jika Palapa dirancang dan dibangun dengan fungsi dasar anti hijacking, secure chat, secure voice/video call, dan penyimpanan data terenkripsi.

Namun jika dilihat dari profile pendiri XecureIT klaim yaitu Gildas Deograt yang merupakan Koordinator Forum Keamanan Siber dan Informasi (Formas) klaim diatas tidak berlebihan.

Dikutip dari Antara tokoh internet Indonesia Onno W. Purbo dalam keterangannya, Rabu, menekankan pentingnya bagi Indonesia sebagai negara yang besar untuk memiliki dan mengembangkan aplikasi percakapan lokal buatan dalam negeri.

Dengan bersama-sama menggunakan aplikasi lokal, kita dapat mewujudkan perlindungan data pribadi, akselerasi ekonomi digital, ketahanan nasional dan kedaulatan siber Indonesia secara bersamaan

Onno W. Purbo

Aplikasi Palapa tersedia untuk hampir semua platform yaitu Android, iOS dan Desktop. Menariknya pada Desktop tiga OS mainstream didukung yaitu Windows, MacOS dan Linux. TeknoCerdas perhatikan ukuran file dari ketiga OS tersebut sekitar 100M+. Kemungkinan besar versi Desktop ditulis menggunakan cross-platform Javascript framework seperti Electron atau NWJS. Namun hal itu perlu dikonfirmasi kembali.

Kehadiran Palapa sebagai aplikasi percakapan lokal tentu berita yang menggembirakan. Sekarang pengguna memiliki alternatif baru selain WhatsApp dan Telegram yang sudah mendominasi aplikasi percakapan ditanah air.

sumber : https://teknocerdas.com/

Hosting