Memberikan informasi dan inspirasi

Hobi Dengerin Musik? Ini 9 Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris Lewat Musik Favoritmu!

Hai Campuspedia-friends!—Siapa nih yang suka banget dengerin musik? Atau punya hobi nyanyi dan karaoke? Musik memang memberikan warna tersendiri di kehidupan kita ya C-friends? Tapi ternyata, musik juga bisa loh kita jadikan sebagai media belajar bahasa inggris!

Seperti kata pepatah, “Belajar bisa dari mana saja”, gak terkecuali dengan belajar bahasa inggris ini. Lewat lagu-lagu berbahasa inggris, kamu bisa banget belajar ningkatin kemampuan bahasa inggrismu.

Dilansir dari IDN Times, penelitian yang dilakukan oleh Suzanne L. Medina (2002) menunjukkan bahwa musik dapat membantu para pembelajar bahasa (bahasa kedua) memperoleh kosakata, tata bahasa, ejaan, dan mengembangan keterampilan linguistik dalam membaca, mendengarkan, menulis, serta berbicara.

Jadi, selain menyenangkan, kamu juga bisa memanfaatkan hobi mendengarkan musik tersebut menjadi ajang pembelajaran bahasa kedua, yakni bahasa inggris. Tapi, gimana sih caranya? Yuk, simak terus!

9 Tips Belajar Favorit Lewat Musik Favoritmu!

  1. Tetapkan Niat dan Tetap Santai

 

9 tips belajar bahasa inggris lewat musik dan lagu

Nah, meskipun kamu akan belajar dari hobi atau kegiatan yang sudah jadi kebiasaan sehari-hari, penting untuk tetapkan niat untuk belajar bahasa inggris lewat lagu C-friends. Sebab, seringkali ketika sudah asik mendengarkan lagu, tiba-tiba terlena dan asik mendengarkan saja, hihi.

Setelah membulatkan niat, carilah posisi yang nyaman untuk mendengarkan lagu C-friends. Walaupun tujuan utama kamu adalah “belajar”, jangan sampai menganggap proses ini membebani kamu ya, santai saja!

  1. Tentukan Platform Musik Favoritmu

9 tips belajar bahasa inggris lewat musik dan lagu

Saat ini sudah banyak banget platform musik untuk mendengarkan lagu kan C-friends? Hal tersebut bisa banget nih kamu jadikan alternatif kalau kamu enggan mengunduh lagu satu persatu.

Digital Platfroms yang tersedia seperti Spotify, Youtube, JOOX, Dezeer, Daily Motion, dan sebagainya. Bahkan, beberapa dari platform tersebut juga sekaligus menyediakan lirik lagu yang otomatis muncul ketika kamu memutar lagunya.

Dari berbagai platform tersebut, kamu bisa pilih mana yang paling nyaman untuk kamu pakai C-friends.

Baca juga : Mau Lulus Tes Bahasa Inggris dari Kampus? Yuk, Cek 7 Tips Berikut!

  1. Sesuaikan Genre dengan Mood

9 tips belajar bahasa inggris lewat musik dan lagu

Setelah memilih platform musik, kamu juga bisa nih sesuaikan genre lagu yang akan kamu putar dengan mood kamu. Jangan paksakan untuk mendengar lagu dengan tempo yang cepat sedangkan kamu sendiri lagi pingin tenang ya C-friends!

Menyesuaikan genre lagu ini akan membantu kamu untuk lebih menikmati dalam mendengarkan lagunya. Kamu juga akan semakin nyaman dalam proses belajar tersebut karena memang sesuai dengan suasana hati kamu.

Sekarang juga banyak kok playlist yang sesuai dengan mood yang tersedia di platofrm musik. Tinggal pilih yang kamu mau deh!

  1. Tentukan Lagu Sesuai Keinginanmu

9 tips belajar bahasa inggris lewat lagu

Nah, kalau kamu lagi mood banget buat mulai belajar bahasa inggris lewat musik atau lagu, kamu juga bisa nih putar lagu-lagu bahasa inggris favoritmu apapun genre musiknya. Tinggal putar playlist lagu yang kamu favoritkan deh!

  1. Pilih Lagu dari Artis Favorit

 

9 tips belajar bahasa inggris lewat lagu

Selain memilih lagu favorit seperti poin sebelumya, kamu juga bisa nih mendengarkan lagu dari artis favorit kamu. Mungkin, kamu punya alasan sendiri nih soal artis favorit kamu, mulai dari lagunya yang cocok dengan selera, lirik yang indah, dan sebagainya.

Namun, jika kamu merasa artis favorit kamu kurang jelas pelafalan bahasa inggris dalam lagunya, kamu juga bisa mulai mencari artis yang pelafalan inggrisnya lebih jelas didengarkan.

  1. Simak Lagu Tanpa Melihat Lirik

9 tips belajar bahasa inggris lewat musik

Setelah memilih platform hingga lagu-lagu yang ingin kamu dengarkan, saatnya praktek nih C-friends!

Untuk pertama kalinya, usahakan untuk mendengarkan dan menyimak lagu tanpa melihat lirik lagunya. Ketika kamu menemukan kalimat yang belum kamu mengerti, kamu bisa mengulang terus bagian tersebut hingga kamu menangkap kalimat apa yang dinyanyikan.

Jika kamu sudah mengulanginya beberapa kali dan kamu masih belum menangkap lirik tersebut, barulah kamu coba lihat lirik lagunya. Meskipun terdengar sulit, namun cara ini akan membantu kamu untuk melatih kemampuan listening loh C-friends!

  1. Pelajari Lirik Lagunya

9 tips belajar bahasa inggris lewat lirik lagu

Nah, jika kamu sudah mencerna makna dari lagu tanpa melihat liriknya terlebih dulu, kali ini kamu bisa mulai melihat liriknya C-friends. Cobalah untuk memperlajari arti dan makna yang ingin disampaikan penulis dalam lagu tersebut.

Jika nantinya kamu menemukan kosakata baru, kamu bisa catat di catatan dan mencoba untuk membuat kalimat lain dari kosakata tersebut. Yakinlah bahwa dengan mencatat juga akan membantu kamu menghafal lebih banyak vocabulary!

  1. Cobalah Menyanyi

9 tips belajar bahasa inggris lewat musik

Mencerna lagu sudah, melihat dan mempelajari liriknya juga sudah. Setelah itu ngapain?

Kalau kamu sudah paham dan hapal sebagian besar liriknya, boleh nih kamu coba untuk menyanyikan lagu tersebut C-friends! Di tahapan ini, selain kamu melatih daya ingatanmu, kamu juga akan berlatih kemampuan speaking kamu.

Dengan begitu, harapannya kamu akan semakin terbiasa dengan kosakata yang ada di lirik lagu yang kamu nyanyikan, dan dapat kamu praktekkan di kehidupan sehari-hari nantinya.

Baca juga : Mudah! Ini 7 Cara Ampuh Belajar Pelafalan Aksen British

  1. Evaluasi

evaluasi teknik belajar bahasa inggris

Setelah melakukan semua tahapan, waktunya kamu untuk meninjau dan melakukan evaluasi sendiri C-friends! Entah itu dari platform, lagu, atau teknik yang kamu lakukan.

Mungkin, sebelumnya kamu ingin sekali mempelajari satu lagu terlebih dulu sampai menguasainya. Namun, ternyata kamu mudah bosan nih kalau dengerin satu lagu yang sama secara teur-menerus. Kamu bisa evaluasi teknik kamu dan lebih fleksibel lagi. Gak ada yang ngelarang kok kalau ganti-ganti lagu secara berkala, senyaman kamu aja C-friends!

Nah, itu dia 9 Tips Belajar Bahasa Inggris Lewat Musik Favorit! Gimana C-friends? Tertarik untuk mencobanya?

Yuk, biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, jangan lupa kepoin sosial media Campuspedia ya!

Instagram: @campuspedia

Youtube: Campuspedia

Twitter: @campuspedia_id

OA Line: @dbh9820y

Facebook: Campuspedia

LinkedIn: Campuspedia



Hosting

Translate »