Memberikan informasi dan inspirasi

Ambisi Realme Masuk Top 3 Penjualan Ponsel di Indonesia

Ambisi Realme Masuk Top 3 Penjualan Ponsel di Indonesia

Realme, salah satu merek ponsel yang saat ini sedang bertumbuh di Indonesia, disebut akan terus berkomitmen untuk produk tech trendsetter, baik itu ponsel atau perangkat kecerdasan buatan berbasis teknologi (AIoT).

Setelah berhasil menduduki peringkat Top 4 di kuartal 1 (Q1) 2020, Realme kini semakin berambisi dan termotivasi untuk menjadi Top 3 smartphone brand di Indonesia pada akhir tahun ini. Tujuan ini ditetapkan bukan tanpa dasar, seperti dikatakan Palson Yi, Marketing Director Realme Indonesia, dalam BizTalk virtual, Jumat (9/10/2020).

Palson menjelaskan, sejak pertama kali hadir di Indonesia tepat dua tahun lalu, produk tech trendsetter Realme sudah disambut dengan antusiasme tinggi, terutama oleh anak muda pencinta teknologi.

Tercatat sejak Q1 2019 hingga Q3 2020, Realme telah mengalami peningkatan pangsa pasar dari 1,4 persen hingga menjadi 16 persen. Dari angka itu, Palson yakin Realme memproyeksikan mampu meraih pangsa pasar lebih tinggi lagi pada akhir Q4 2020.

Pertumbuhan pesat dalam waktu yang singkat ini dapat tercapai berkat konsistensi realme dalam menghadirkan produk ponsel dan AIoT dengan trendsetting technology yang dibutuhkan oleh pasar Indonesia.

pertumbuhan ponsel realme di indonesia

Dalam catatan yang diklaim pihak Realme Indonesia, pertumbuhan pada Q1, Q2, Q3, dan Q4 dari 2019 ke 2020, angkanya memang meningkat drastis.

Dari data yang mereka, pada Q1 2019 Realme hanya mencatatkan angka pertumbuhan 1,4 persen, kemudian pada Q2 meningkat menjadi 6,1 persen. Lalu pada Q3 angkanya melesat tajam menjadi 12,6 persen, dan pada Q4 melonjak menjadi 16 persen.

Kemudian pada periode yang sama 2020, pada Q1 Realme tercatat peningkatan pertumbuhan menjadi 14,5 persen, Q2 naik jadi 15,4 persen, dan Q3 melesat ke angka 16 persen.

Tentunya jika dilihat dari angka pertumbuhan itu, Palson merasa tak berlebihan jika Realme Indonesia berambisi menjadi Top 3 ponsel di Indonesia.

marketsahre ponsel realme di indonesia

Catatan-catatan Realme tadi boleh jadi sejalan dengan catatan lembaga pencatat pemeringkat lainnya. Seperti data yang diperoleh Statcounter pada setahun terakhir, yakni pada periode September 2019 hingga September 2020, marketshare penjualan ponsel Realme memang terkoreksi terus naik.

Dari angka 1,3 persen marketshare pada September 2019 terus merambat naik hingga 5,32 persen pada September 2020.

Pasar Indonesia terbesar di Asia Tenggara

Lain itu, Realme juga mengklaim jika Indonesia menjadi yang pertama di pasar Asia Tenggara, serta masuk jajaran Top 3 untuk pasar global. Hal ini pula yang membuat realme memberikan beberapa prioritas kepada pasar Indonesia dengan meluncurkan beberapa produk untuk pertama kalinya di dunia.

Pada tahun 2020, nyatanya Realme tak hanya fokus produk ponsel, tapi juga membangun produk ekosistem AIoT-nya secara cepat dan berkesinambungan. Hingga saat ini, Realme telah meluncurkan pelbagai perangkat AIoT berupa perangkat smart audio, perangkat smart wearable, serta Smart TV di Indonesia.

Setelah mencapai pertumbuhan penjualan produk AIoT secara keseluruhan sebesar 1.551,4 persen dari Q1 hingga Q3 2020, Realme juga menargetkan kontribusi penjualan AIoT sebesar 30 persen dari total penjualan ponsel mereka di Indonesia.

Ponsel Realme paling dicari

Dari keempat seri ponsel yang saat ini dimiliki Realme, yakni seri C, seri angka, seri Narzo, dan seri X, seri angka adalah varian yang paling diminati oleh pasar Indonesia. Dengan keunggulan masing-masing, model ini hadir membawa teknologi ponsel sekelas flagship dan namun dengan harga yang cukup kompetitif untuk anak muda Indonesia.

Adapun wilayah Jabodetabek, Surabaya, Medan, Bandung dan sekitarnya, serta Makassar, adalah kota-kota yang memiliki kontribusi besar untuk penjualan ponsel Realme di Indonesia. Namun selain kota-kota besar tadi, kota-kota seperti Jember, Jambi, dan Sampit, juga memiliki kontribusi yang tak sedikit.

Prestasi ini bisa tercapai berkat komitmen realme yang mengusung konsep real price, real stock, dan real service di seluruh wilayah Indonesia. Seperti diungkap Palson, Realme selalu memastikan ketersediaan produk untuk memenuhi permintaan pasar.

Terakhir, untuk memuluskan ambisinya menjadi Top 3 di akhir tahun ini, Realme berencana akan meluncurkan ponsel anyarnya pada 14 Oktober 2020 melalui seri Realme 7 Pro. Varian ini merupakan pelengkap dari produk Realme 7-series yang sebelumnya telah diluncurkan, yakni Realme 7 dan Realme 7i.

Nah, kita tunggu saja gebrakan Realme selanjutnya, kawan.

Baca kabar baik lainnya di Good News From Indonesia

Hosting

Translate »