Memberikan informasi dan inspirasi

Unik, Ini Inovasi Universitas Negeri Gorontalo: Wisuda Drive Thru!

Wisuda merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh mahasiswa. Karena wisuda merupakan bukti bahwa seseorang telah menyelesaikan pendidikannya selama di dalam kampus. Momen ini hanya bisa didapatkan sekali seumur hidup dan tidak dapat bisa diulang lagi. Namun, kondisi pandemi Covid-19 membuat pihak perguruan tinggi bingung dalam menyelenggarakan wisuda. Tidak sedikit perguruan tinggi yang menunda wisuda dari mahasiswanya. Tentunya, pihak kampus harus mencari solusi untuk hal ini.

 

Nah, solusi dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG) adalah melakukan wisuda drive thru. Terdengar menarik ya.. Yuk kita simak bagaimana mekanismenya. Jadi sebelum melakukan kebijakan ini, pihak UNG melakukan survei terkait wisuda kepada calon wisudawan. Hasil yang didapatkan adalah sebagian calon wisudawan meminta tetap diadakan wisuda karena merupakan momentum dan kenangan terbesar dalam hidup. Sehingga pihak kampus memikirkan cara yang paling efektif untuk dilakukan.

Rektor Universitas Negeri Gorontalo mengakatakan yang terpenting adalah setiap calon wisudawan dapat menerima ijazah dan mendapatkan dokumentasi representatif. Dan yang terpikir adalah melakukan wisuda secara drive thru dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Dengan total wisudawan sebanyak 1.473 mahasiswa, maka acara wisuda akan dibagi sebanyak 5 sesi karena tidak mungkin mengumpulkan sebanyak 1000 lebih mahasiswa dalam waktu yang bersamaan.

Alurnya adalah kendaraan masuk ke dalam kawasan kampus dan memasuki lokasi utama wisuda yang sudah disetting oleh pihak kampus. Kemudian wisudawan diwajibkan turun dari kendaraan untuk diwisuda oleh rektor. Setelah itu baru wisudawan kembali ke kendaraan mereka masing-masing. Waktu yang dibutuhkan untuk setiap wisudawan tidaklah lama, jadi cukup efektif. Rektor UNG berkata bahwa konsep wisuda drive thru selama pandemi ini merupakan sebuah pencapaian dan kebanggaan tersendiri. Walaupun dalam kondisi yang “serba salah”, pihak kampus seharusnya bisa tetap memikirkan jalan terbaik dan memberikan kesan akhir yang baik untuk seluruh mahasiswanya.

Kamu ingin mendapatkan berita-berita lainnya?

Jangan lupa terus update dan follow Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE kami agar kalian bisa langsung dapat info terbaru dari Campuspedia.

 

Hosting

Translate »