Memberikan informasi dan inspirasi

Nagan Raya Dan Aceh Barat Diselimuti Awan Aneh

FENOMENA awan yang di sebut Arcus terlihat di Nagan Raya dan Aceh Barat, Senin (10/8).Waspada/Ist

FENOMENA awan yang di sebut Arcus terlihat di Nagan Raya dan Aceh Barat, Senin (10/8).Waspada/Ist

NAGAN RAYA (Waspada): Langit Nagan Raya dan Aceh Barat diselimuti fenomena alam awan hitam panjang, menyebabkan sebagian masyarakat panik dan bertanya tentang awan aneh yang terjadi sekira pukul 09:00 Wib pagi, Senin (10/8). Badan Meteorologi Klimatologi (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas III Cut Nyak Dhien di Nagan Raya mengatakan, fenomena alam tersebut adalah awan arcus.
Warga Nagan Raya dan Aceh Barat yang sempat melihat langit diselimuti awan aneh ini mengambil foto dan merekam fenomena tersebut. Karena awan yang cukup panjang menyelimuti langit membuat suasana bertambah gelap dan angin kencang dan hujan lebat namun tidak ada korban jiwa. [video width="640" height="352" mp4="https://aseptea.com/wp-content/uploads/2020/08/VID-20200810-WA0062.mp4"][/video] [video width="288" height="640" mp4="https://aseptea.com/wp-content/uploads/2020/08/VID-20200810-WA0065.mp4"][/video]   KmTim Pusdalops BPBD Agus Salim Nagan Raya mengaku sejauh ini belum ada laporan kerusakan dampak angin kencang maupun pohon tumbang. Prakirawan BMKG Nagan Raya, Rezky P Hartiwi mengatakan Kepada Waspada fenomena alam tersebut merupakan awan arcus.
“Ini termasuk dalam kategori awan Arcus. Awan ini memang tergolong awan rendah dengan single level,” kata Rezky. Awan ini mengakibatkan dampak yang cukup berbahaya seperti hujan lebat disertai angin kencang, petir/kilat, hujan es serta lainnya. “Awan arcus tidak terpantau oleh alat di BMKG sebab muncul dan kembali hilang sekitar 2 jam kemudian. Laporan yang kami terima ada 2 daerah yang terlihat di Aceh Barat dan Nagan Raya,” tutup Rezky. (b22)
Sumber berita : waspada.id

Hosting

Translate »