Memberikan informasi dan inspirasi

Mahasiswa, 12 Aplikasi Ini Wajib Dimiliki untuk Meningkatkan Produktivitasmu!

Mahasiswa, 12 Aplikasi Ini Wajib Dimiliki untuk Meningkatkan Produktivitasmu!

Halo Sobat Campuspedia! Zaman yang serba canggih membuat hampir semua kalangan memiliki smartphone. Nggak terkecuali para mahasiswa. Bahkan bisa dibilang, mahasiswa dan smartphone seperti dua hal yang tidak terpisahkan, apalagi di masa pandemi ini. Hampir semua aktivitas yang dilakukan mahasiswa membutukan peran smartphone di dalamnya. Jadi bagi Sobat Campuspedia, rasanya sangat rugi kalau kamu tidak memanfaatkan smartphone yang kamu miliki untuk menunjang aktivitas akademismu.

Nah kali ini, Campuspedia telah membuat daftar 10 aplikasi yang harus digunakan oleh mahasiswa untuk meningkatkan produktivitas! Ayo, ubah smartphone yang tadinya merupakan suatu distraksi menjadi alat bantu belajar di masa pandemi ini!

1. Evernote

Evernote merupakan aplikasi untuk mencatat yang membantu kamu untuk menyimpan semua informasi yang diperlukan. Kerennya lagi, Sobat Campuspedia bisa membuat catatan text, mengambil foto, merekam audio, dan juga melampirkan data. Aplikasi ini bisa digunakan di semua jenis gadget (Android, PC, iOS, Mac, dan lain-lain) dan bahkan memiliki versi premium untuk fitur-fitur tambahan.

Aplikasi Evernote bagaikan ‘diary’ digital buat kamu. Di aplikasi ini kamu bisa menulis apapun yang kamu mau. Mulai dari catatan kuliah sampai cerita curhatan keseharianmu. Kayanya sekarang kamu bisa memikirkan untuk menyisihkan catatan kertas konvensional, deh.

2. CamScanner

Sebagai mahasiswa terkadang kamu sering mendapat berkas-berkas berbentuk hardcopy dan harus mengunggahnya secara online. Nah, CamScanner ini sangat membantu karena fungsinya untuk men-scan berkas-berkas itu.Dengan aplikasi scanner, kamu bisa men-scan dokumen, tulisan dosen di papan, hingga catatan kuliah melalui HP. Caranya juga gampang. Tinggal foto, sesuaikan, dan print. Hasil scan yang keluar sangat jernih mirip dengan aslinya atau mirip dengan menggunakan alat scan biasa. Keren banget, kan?

Baca Juga: 5 Aplikasi Terbaik untuk Belajar Bahasa Inggris

3. Smart Recorder

Smart Recorder merupakan pilihan untuk mahasiswa yang lebih suka belajar melalui audio atau rekaman dari materi di kelas. Aplikasi Android ini bisa merekam audio file sampai dengan 2GB. Aplikasi ini juga mendeteksi secara otomatis dan menghentikan rekaman jika terdapat pause atau silence saat sedang mengajar, sehingga membantum menyimpan space memori di handphonemu. Setelah merekam, kamu bisa membagikan data tersebut via email, whatsapp, atau bahkan dropbox. Smart Recorder juga merekam di background smartphone, sehingga Sobat Campuspedia bisa record audio sambil mencatat secara digital, membuka google dan lain sebagainya secara bersamaan.

4. WPS Office and PDF

Namanya mahasiswa, pasti setiap hari selalu bergelut sama yang namanya dokumen. Mulai dari dokumen Word, Excel, sampai Powerpoint pasti jadi makanan sehari-hari. Nah, WPS Office + PDF ini bisa membantumu mengolah dokumen dari smartphone. Dari membaca, mengedit, sampai membuat dokumen baru bisa kamu lakukan di aplikasi ini. Praktis dan mudah digunakan!

5. Duolingo

Duolingo merupakan aplikasi yang berguna untuk belajar bahasa asing. Kamu bisa belajar bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Belanda, Italia, Portugal, Spanyol sampai bahasa India dan Korea. Dengan materi yang menggunakan gabungan audio dan visual kamu bisa belajar berbagai bahasa dengan lebih menyenangkan dan tidak membosankan guys!

Baca Juga: Ini 7 Tips Mudah Belajar TOEFL dari Rumah!

6. iPusnas

iPusnas merupakan aplikasi perpustakaan digital Indonesia yang dapat diakses melalui handphone dan laptop. Aplikasi ini benar-benar membantu para mahasiswa dalam mengumpulkan refrensi dan bahan-bahan perkuliahan. Tak hanya itu, banyak buku dengan berbagai kategori seperti fiksi, kumpulan puisi, psikologi, agama, dan lain-lain. Tinggal register dengan email atau facebook, kamu sudah bisa mengakses ribuan e-book yang tersedia.

7. Google Meet

Google Meet adalah aplikasi yang menyediakan layanan komunikasi video gratis yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan video dengan 100 pengguna lainnya per pertemuan. Dengan kata lain, Google Meet bisa menjadi media alternatif untuk bersosialisasi dengan teman-teman dan kerabat di masa pandemi ini. Aplikasi ini juga sangat membantu saat perkuliahan daring! Kamu juga bisa mengikuti banyak webinar dan kelas online yang bermanfaat melalui aplikasi ini. Salah satunya, webinar dan kelas online dari Campuspedia yang bisa kamu lihat info lengkapnya di: Kelas Online Campuspedia edisi Agustus.

8. Dropbox

Buat SobatCampuspedia yang ingin mengoptimalkan penyimpanan data dan melakukan backup, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Dropbox! Dengan aplikasi ini, kamu bisa menyimpan semua data di cloud, dan dapa dengan mudah mengakses data-data tersebut dengan mudah dimanapun kamu berada. Aplikasi ini juga bagus untuk membagikan catatan dan bekerja sama dalam suatu proyek.

Baca Juga: 5 Tips Agar Berhasil Lolos Jadi Anak Magang!

9. Plagiarism Checker 

Memeriksa plagiarisme di dalam mengerjakan tugas adalah suatu kewajiban! Dan munculnya plagiarisme bisa disengaja ataupun tidak disengaja. Oleh karena itu, mahasiswa perlu untuk memastikan bahwa pekerjaan dan tugas yang dikerjakan bebas dari plagiarisme. Salah satunya dengan aplikasi Plagiarism Checker yang disediakan secara gratis!

10. Photomath

Photomath bisa dibilang sebagai salah satu aplikasi paling keren untuk kamu yang sering berhadapan dengan matematika. Persoalan matematika dengan rumus yang rumit bukan masalah bagi aplikasi ini. Tinggal scan soal matematika lewat aplikasi ini, jawaban akan muncul secara ajaib lewat aplikasi ini. Kerennya lagi, kamu bisa mengetahui seperti apa langkah-langkah untuk mendapatkan jawaban dari soal tersebut. Canggih bukan?

11. Silence

Silence merupakan aplikasi yang akan membantu Sobat Campuspedia untuk menghindari notifikasi yang mengganggu dari handphone di saat-saat penting. Misal saat meeting, kelas, dan lain sebagainya. Kamu hanya perlu mengatur jadwal dan memilih pengaturan notifikasi mana yang hendak dihindari, lalu biarkan aplikasi tersebut mengatur sisanya. Aplikasi ini juga membantu kita untuk mengurangi distraksi dari ponsel pintar. Sangat membantu, bukan?

12. Organizze

Mengatur keuangan perlu dimulai sejak dini, dilatih, dan dijadikan suatu kebiasaan! Nah, sejak mahasiswa inilah kamu harus sudah disiplin dan pintar-pintar dalam mengatur keuanganmu. Lewat Organizze kamu dapat memantau pengeluaran dan pemasukanmu, sekaligus merencanakan tabungan. Kerennya lagi, ada grafik pantauan keuangan dalam jangka waktu tertentu. Laporan keuangan pribadi ini pun dapat di export dalam format excel. Mudah-mudahan dengan aplikasi ini, Sobat Campuspedia bisa makin produktif dan mengatur keuangan dengan lebih baik!

Baca Juga: 5 Podcast Inspiratif yang Wajib Mahasiswa Dengerin!

Yap, itu dia 12 rekomendasi aplikasi buat mahasiswa yang bakal ngebantu meningkatkan produktivitasmu! Semoga dengan aplikasi-aplikasi di atas, Sobat Campuspedia bisa semakin produktif di masa pandemi ini. Jadikan smartphone yang kamu punya, benar-benar menjadi ponsel pintar yang seharusnya! Untuk informasi dan rekomendasi menarik lainnya, jangan lupa follow Campuspedia di InstagramFacebook, OA LINE dan juga di Twitter.



Hosting

Translate »