Memberikan informasi dan inspirasi

Fakta Sebenarnya Terkait Fitnah saat Haghia Sophia Menjadi Masjid Kembali

Bismillah
Fakta Sebenarnya Terkait Fitnah saat Haghia Sophia Menjadi Masjid Kembali .

1. Haghia Sophia adalah Waqf Pribadi Sultan Muhammad Al Fatih bukan dengan cara Merampas.

Literatur barat seringkali mengatakan Haghia Sophia dirampas. Namun yang sebenarnya Haghia Sophia adalah Waqaf dari Sultan Muhammad Al Fatih yang memilikinya dengan cara donasi menurut Mahkamah Agung Turki. Hal inilah sebagai bukti yang mendasari keputusan Mahkamah Agung Turki 2020 yang mencabut keputusan era Mustafa Kemal Ataturk saat menjadikannya museum secara ilegal dan 2020 ini dikembalikan statusnya menjadi Masjid karena secara hukum Negara Turki tidak berhak mengklaim Hak Milik Warga secara paksa dalam hal ini Haghia Sophia yang dimiliki pribadi nenek moyang WN Turki Sultan Muhammad Al Fatih, apalagi jika statusnya telah dikatakan Waqaf. Keputusan Mahkamah Agung adalah bukti kuat bahwa Sultan Muhammad telah memiliki bangunan tersebut, lantas terserah yang punya hak milik pribadi itu kemudian Lagipula Al Qur’an dan Hadits tidak melarang konversi Gereja jadi Masjid. Pembelian Gereja juga pernah dilakukan oleh Khalifah Al Walid l saat meluaskan Masjid Umayyah di Damaskus karena makin banyak orang yang memeluk Islam sehingga masjid sebelumnya tidak menampung jamaah. Saat ini kita hanya bisa lihat masjid Umayyah di Damaskus (foto terakhir presentasi kami).

2. Bagaimana Gambar-gambar Peninggalan Roma Timur Byzantium di Haghia Sophia.

Saat ini Pemerintah Turki sedang merencanakan menggunakan teknologi ilusi Cahaya 3D Mapping untuk menutup gambar diatas mihrab sehingga tidak terlihat dari lantai bawah tempat sholat namun turist masih dapat melihat mosaic dari lantai 2 karena banyak juga mosaic yang tersisa di lantai 2. Sebelumnya Turki Ottoman telah banyak menghapus gambar di lantai bawah tempat sholat dan diatas kubah.(Contoh ilusi cahaya 3D Mapping terlampir pada foto Monas Jakarta).

3. Apakah terdapat Kuburan didalam Haghia Sophia

Kami tegaskan tidak ada kuburan didalam Haghia Sophia. Semua kuburan Sultan Turki Ottoman berada di tempat khusus di halaman luar gedung masjid (foto terlampir). Satu-satunya makam didalam Haghia Sophia menurut sejarah adalah milik Enrico Dandolo pemimpin tentara Salib Katolik yang sempat merampas Konstantinopel dari Gereja Ortodoks Byzantium pada 1204. Namun makam Enrico Dandolo ini sudah tidak ada karena dibongkar oleh pihak Turki Utsmaniyyah (Ottoman) pasca penaklukan Konstantinopel pada tahun 1453.

 

Semoga hal-hal diatas menjawab semua keraguan.

Sumber : Fb Sahabat Erdogan

 

Hosting

Translate »