Memberikan informasi dan inspirasi

Perjalanan menuju Baitullah, mampir ke Turkey 3 hari (PART 2)

Perjalanan menuju Baitullah, mampir ke Turkey 3 hari (PART 2)

pada tanggal Februari 02, 2018
Perjalanan menuju Baitullah, mampir ke Turkey 3 hari (PART 2)

#TRANSIT 1 DI KUALA LUMPUR
Perjalanan di mulai dari CKG – Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng Banten, untuk terbang menuju Kuala Lumpur, berangkat dari Tangerang Pukul  pagi, sesampainya di Bandara Soeta dan cek in menggunakan Pesawat Lion Air – setelah Cek in kebetulan bertemu dengan Artis terkenal disana pas Cek ini, yaitu UYA KUYYA (BOS UYA). tidak aku sia-2kan untuk minta foto bareng :

Boarding Pesawat jam 8.30 WIB dari CKG menuju KL (Kuala Lumpur) jam 12 Siang untuk Transit 1 untuk menuju Jeddah.

Bandara KLIA

Pada waktu di Bandara KLIA, kami bertemu dengan jamaah lain yg berjumlah keseluruhan 77 orang jamaah, dan alhamdulillah kita sering berkomunikasi Via WAG untuk memper erat tali silaturahmi.

Setelah lama menunggu di Bandara KLIA dari jam 12 waktu KL dan pukul 18 siap-2 untuk Boarding pesawat dan pemeriksaan Imigrasi menuju Pesawat Saudi Air jadual keberangkatan 19.30 dari KLIA menuju Jeddah kurang lebih jam 23.30 waktu Jeddah.

Menu Makanan SAUDI AIR

#TRANSIT 2 DI JEDDAH
Alhamdulillah sesuai dengan rencana kira sampai di JEDDAH pukul 23.30, Sesampainya di JEDDAH kami semua rombongan Transit 2 menunggu selanjutnya menuju Istambul Turkey, menurut Jadual keberangkatan 6.30 Waktu Jeddah dan sekitar 5 jam lebih kita menunggu sambil berkomunikasi dengan Jamaah yg lain untuk saling silaturahmi agar saling mengenal satu sama lain.

 Setelah menunggu kurang lebih 6 jam akhirnya dipanggil untuk Boarding Pesawat SAUDI AIR menuju Istambul Turkey.

#TRIP TO TURKEY (BURSA & ISTAMBUL)
Perjalanan dari Jeddah menuju Istambul kurang lebih 3 jam, Alhamdulillah perjalanan lancar dan nyampe tepat waktu di Bandara Istambul Turkey.
Sesampaikan di Bandara langsung menuju ATM untuk menukar uang ke Turkey Lira biar bisa membeli sesuatu di Turkey sebagai buah tangan.


Mata uang Turkey

dari Bandara Turkey disambut oleh Tour Guide Mr. Davut, Kang Arief  satunya cewek namanya Julideh kalau gk salah, dari 77 Jamaah dibagi menjadi 2 Bus, dan langsung menuju Kota BURSA

* BURSA
Perjalanan dari Istambul ke Bursa di tempuh kurang lebih 2 jam lebih dan menurut rencana kita akan berkunjung ke beberapa destinasi.

Bursa adalah salah satu kota tua di Turki yang memiliki perangan teramat penting badi sejarah Turki, sekaligus juga merupakan kota terbesar ke 4 setelah Istanbul, Ankara dan Izmir. Bursa, adalah kota tempat Turki Usmani atau Dinasti / Emperium / Kekaisaran / Ke-Khalifahan Usmaniyah berawal. Lokasi Bursa yang cukup dekat dengan Konstantinopel (kini Istanbul), telah menjadi pilihan lokasi yang strategis oleh para penguasa baik dari bangsa Arab maupun Seljuk yang memang berlomba-lomba untuk bisa menaklukan Konstantinople saat itu.(Sumber )

Suhu di Bursa saat itu mencapai 2 derajat sampai 5 Derajat celcius, cukup dingin menurut ornag Indonesia, walaupun saya lahir di Bandung yg suhu dingin namun berbeda dengan Suhu Dinginnya di Bursa.

Naik Kapal Feri Menuju Bursa
  • Green Mosque

Perjalanan kali ini menikmati keindahan berkunjung ke Masjid Hijau di daerah Bursa Turki yang tentu selain perjalanan bermanfaat juga akan mendapatkan pengalaman liburan yang mengesankan dengan beberapa sajian perjalanan wisata Religi dan juga sejarah kota Bursa Turki dengan kemegahan Masjid, sejarah dan juga fakta menarik yang akan kami ulas berikut ini. Detak kagum tak henti-hentinya ketika melihat pesona Masjid Hijau (Green Mosque) atau Yesil Camii yang sungguh luar biasa. (sumber)

Green Mosue – Bursa
  • Ulu Jami Mosque

Masjid Agung Bursa (Ulu Camii)

Masjid Agung Bursa atau Bursa Grand Mosque atau Bursa Ulu Cami adalah masjid tua yang berada di kota Bursa. Lokasi masjid ini berada di Atatürk Boulevard di kawasan kota tua Bursa. Dibangun dengan perpaduan gaya Seljuk – Usmaniyah, pada tahun 1396 hingga tahun 1399, atas perintah dari Sultan Yıldırım Bayezid I. Rancangan dan pembangunan masjid ini dilaksanakan oleh Arsitek Ali Neccar di tahun 1396–1399. Pembangunan masjid ini merupakan janji dari Yıldırım Bayezid I pada saat memenangkan perang Battle of Nicopolis in 1396. (Sumber )

  • Uludag – Gunung Salju


Hari pertama 2 Des 2017 di Turkey bermalam di Bursa yaitu tepatnya di  Baia Hotel Bursa

Hotel Baia – bursa dengan Backgroud Jersey Bola Club Turkey

*ISTAMBUL TURKEY 

Hari kedua di Turkey 25 Des 2017 berlanjut menuju Istambul, Destinasi-2 yg akan di Kunjungi di Istambul adalah :

  • 1. Masjid Biru – Istambul atau Blue Mosque

Masjid Sultan Ahmed adalah sebuah masjid di Istanbul, kota terbesar di Turki dan merupakan ibukota Kesultanan Utsmaniyah. Masjid ini dikenal dengan juga dengan nama Masjid Biru karena pada masa lalu interiornya berwarna biruBerkunjung ke Masjid Biru kebetulan pada waktu sholat Dhuhur sekalian kita sholat  

Masjid Biru (Blue Mosque) 1
Masjid Biru (Blue Mosque) 2
  • 2. Museum TohKapi

Istana Topkapı (bahasa Turki: Topkapı Sarayı) atau dalam bahasa Turki Utsmaniyah: طوپقپو سرايى, biasanya dieja “Topkapi” dalam bahasa Inggris) adalah istana di IstanbulTurki, yang merupakan kediaman resmi Sultan Utsmaniyah selama lebih dari 600 tahun (1465-1856).[1]

Pembangunan istana ini dimulai pada tahun 1459 atas perintah Sultan Mehmed II. Kompleks istana terdiri dari empat lapangan utama dan banyak bangunan-bangunan kecil. Pada puncaknya, istana ini dihuni oleh 4.000 orang.[1] Selain sebagai tempat tinggal kerajaan, istana digunakan untuk acara-acara kenegaraan dan hiburan kerajaan. Sekarang menjadi daya tarik wisata dan berisi peninggalan suci penting dari dunia Muslim, termasuk pedang dan jubah Nabi Muhammad.

Kepentingan Istana Topkapi memudar pada akhir abad ke-17 karena sultan lebih suka menghabiskan waktu di istana baru mereka di Bosporus. Pada tahun 1856, Sultan Abd-ul-Mejid I memindahkan kediamannya ke Istana Dolmabahçe.

Manusia hanya bisa berencana, dan Allah semua yg berkehendak, dengan secara tidak sengaja kami Kebetulan bertemu dengan Ex-Atasan (BUSDEV) saya pada Waktu di CEP
Bapak Sentot Baskoro, yang sekarang menjadi salah satu Pimpinan dari PT.Cendana Cendikia

Setelah jatuhnya Utsmaniyah pada tahun 1921, Istana ini dijadikan museum berdasarkan dekret pemerintah tanggal 3 April 1924. Istana ini merupakan bagian dari “Wilayah Bersejarah Istanbul“, yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO.[2]

Pada dasarnya di dalam Museum Tohkapi tidak boleh Foto-2 tetapi saya mencoba curi02 foto dan ini yg bisa saya dapatkan di Museum ini.

Salah Satu Koleksi Museum Tohkapi
Kebetulan bertemu dengan Ex-Atasan saya pada Waktu di CEP


Hari ketiga (ke-3) di Istambul Turkey destinasi yg dikunjungi Rombongan kami adalah :

3. Pabrik Jaket – Kirglair Store

4. Jembatan Bousporos

Jembatan Martir 15 Juli (bahasa Turki: 15 Temmuz Şehitler Köprüsü, sebelumnya disebut sebagai İstanbul Boğaziçi Köprüsü), juga disebut Jembatan Bosporus Pertama (bahasa Turki: 1. Boğaziçi Köprüsü) atau Jembatan Pertama (bahasa Turki: Birinci Köprü) adalah sebuah jembatan gantung yang terletak di IstanbulTurki. Jembatan sepanjang 1.510 m ini merentang di atas Selat Bosporus. Bosporus selesai dibangun pada 30 Oktober1973.

5. Hagia Sopia

Hagia Sophia atau Aya Sofya (dari bahasa Yunani: Ἁγία Σοφία Bizantium Yunani [aˈʝia soˈfia]; bahasa Latin: Sancta Sophia atau Sancta Sapientia; bahasa Arab: آيا صوفيا; “Kebijaksanaan Suci”) adalah sebuah bangunan bekas basilikamasjid, dan sekarang museum, di Istanbul, Republik Turki. Dari masa pembangunannya di tahun 537 M sampai 1453 M, bangunan ini merupakan katedralOrtodoks dan tempat kedudukan Patriark Ekumenis Konstantinopel[1], kecuali pada tahun 1204 sampai 1261, ketika tempat ini diubah oleh Pasukan Salib Keempat menjadi Katedral Katolik Roma di bawah kekuasaan Kekaisaran Latin Konstantinopel. Bangunan ini menjadi masjid mulai 29 Mei 1453 sampai 1931 pada masa kekuasaan Kesultanan Utsmani. Kemudian bangunan ini disekulerkan dan dibuka sebagai museum pada 1 Februari 1935 oleh Republik Turki.[2]
Terkenal akan kubah besarnya, Hagia Sophia dipandang sebagai lambang arsitektur Bizantium[3] dan dikatakan “telah mengubah sejarah arsitektur.”[4] Bangunan ini tetap menjadi katedral terbesar di dunia selama hampir seribu tahun sampai Katedral Sevilladiselesaikan pada tahun 1520.

6. Grand Bazzar – Istambul
Grand Bazaar (bahasa Turki: Kapalıçarşı, yang berarti ‘Bazar Tertutup’; juga Büyük Çarşı, yang berarti ‘Bazar Megah’[1]) di IstanbulTurki, adalah salah satu pasar tertutup yang terbesar dan tertua di dunia, meliputi 61 jalan tertutup dan lebih dari 3.000 toko[2][3] yang dapat menarik pengunjung sebanyak 250.000 sampai 400.000 setiap harinya.[4] Pada tahun 2014, bazar ini tercatat sebagai tempat wisata no.1 terbanyak dikunjungi di seluruh dunia dengan jumlah pengunjung tahunan 91.250.000 orang.[5]

Grand Bazzar

Sumber info Tambahan :

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Istana_Topkap%C4%B1
  • http://bujangmasjid.blogspot.com/2017/02/ulu-cami-masjid-agung-bursa-turki.html
  • http://www.tourketurki.com/masjid-hijau-green-mosque-yesil-camii-di-bursa-turki/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Hagia_Sophia
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Grand_Bazaar,_Istanbul

Hosting

Translate »