Hasil Seleksi PPPK Guru 2021 Tahap 1 Diumumkan 8 Oktober

Hasil Seleksi PPPK Guru 2021 Tahap 1 Diumumkan 8 Oktober



Kabar baik yang ditunggu-tunggu para peserta seleksi PPPK Guru akhirnya tiba. Karena, pemerintah telah mengonfirmasi pada Senin, (4/10/2021) bahwa pengumuman hasil seleksi PPPK Guru 2021 akan dilaksanakan pada 8 Oktober 2021.

Pengumuman Seleksi PPPK Guru Tahap 1

Melansir dari Kompas.com, Anang Ristatanto selaku Plt Kepala Biro Kerjasama dan Hubungan Masyarakat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menyebutkan bahwa pengumuman diundur hingga hari Jumat, 8 Oktober 2021 mendatang. Ia juga menambahkan jika pengumuman hasil seleksi PPPK Guru 2021 akan dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB melalui channel YouTube resmi Kemendikbud.

Sebelumnya, seleksi PPPK Guru tahap 1 telah dilaksanakan pada 13-17 September yang lalu. Namun, pengumuman hasil seleksi tersebut telah ditunda karena pihak panselnas dan Kemendikbud Ristek tengah melakukan pengolahan data nilai peserta.

Cara Mengecek Hasil Seleksi PPPK Guru 2021

Sementara itu, Satya Pratama, Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerjasama Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebutkan bahwa pengumuman hasil seleksi kompetensi PPPK Guru juga akan diumumkan melalui halaman website resmi PPPK Kemdikbud. Sehingga, peserta dipersilahkan untuk mengakses laman https://gurupppk.kemdikbud.go.id.



Kemudian, peserta melakukan pengecekan di portal Informasi Pendaftaran Guru. Pada halaman tersebut akan terlampir pengumuman hasil PPPK Guru 2021. Setelah itu, peserta memilih menu Daftar Seleksi PPPK Guru yang tersambung ke website SSCASN BKN. Pada halaman tersebut, peserta akan diminta untuk login akun SSCASN 2021 dengan menginput NIK serta password untuk melihat pengumuman hasil seleksi.

Seleksi PPPK Guru 2021

Kompetensi PPPK Guru sendiri dibagi dalam tiga tahap seleksi sebagai berikut.

Seleksi Pertama

Tes kesempatan pertama diikuti oleh guru honorer sekolah negeri dan honorer THK-II.

Seleksi Kedua

Seleksi tes kesempatan kedua PPPK Guru diikuti oleh peserta yang tidak lulus seleksi pada kesempatan tes pertama, honorer THK-II, pengajar aktif sekolah swasta yang terdaftar di Dapodik, serta lulusan PPG yang belum menjadi guru atau belum terdaftar di database. Bagi peserta yang tidak lolos tes pertama, nilai tes yang diambil adalah nilai tertinggi dari hasil tes pertama atau kedua.



Seleksi Ketiga

Seleksi tes kesempatan ketiga ini dapat diikuti oleh seluruh peserta yang tidak lulus seleksi tes kesempatan kedua. Nantinya, nilai ujian yang diambil adalah nilai tertinggi antara tes pertama, kedua, atau ketiga.

Itulah informasi mengenai jadwal pengumuman  hasil seleksi PPPK Guru 2021 Tahap 1. Jangan lupa catat tanggalnya dan lakukan pengecekan di akun SSCASN masing-masing. Semoga hasilnya sesuai harapan ya, semangat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

English EN Bahasa Indonesia ID