Cara Tepat Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Cara Tepat Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Cara Tepat Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Gigi dan mulut adalah dua bagian tubuh yang punya banyak fungsi penting dalam kehidupan manusia. Merawat gigi dan mulut tidak hanya akan menunjang kedua bagian tubuh tersebut untuk berfungsi dengan baik, tetapi juga bisa mencegah masalah gigi dan medis. Mulai dari membersihkan gigi dengan benar sampai mengendalikan penyakit bawaan, ada banyak cara yang perlu kamu lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.”

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu memikirkan betapa pentingnya peran gigi dan mulut dalam kehidupan kamu? Kamu menggunakan gigi dan mulut setiap hari untuk makan, minum, berbicara, tersenyum, dan masih banyak lagi. Itulah mengapa menjaga kesehatan kedua bagian tubuh tersebut sangat penting.

Memiliki gigi dan mulut yang sehat tidak hanya akan meningkatkan rasa percaya diri kamu dan membantu kamu untuk menikmati makanan dengan lebih baik, tetapi juga penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dengan merawat gigi dan mulut dengan baik, kamu bisa terhindar dari masalah gigi dan medis. Bahkan beberapa penyakit sistemik, seperti diabetes dan penyakit jantung bisa membaik dengan kesehatan gigi yang baik. Yuk, simak cara tepat menjaga kesehatan gigi dan mulut di sini.

Cara Merawat Gigi dan Mulut Agar Tetap Sehat

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi yang kuat:

  1. Sikat Gigi Dua Kali Sehari

Kamu tentunya sudah tahu bahwa untuk mendapatkan gigi dan mulut yang sehat, kamu perlu menyikat gigi dua kali sehari. Namun, tahukah kamu cara menggosok gigi yang benar?

Menyikat gigi sebaiknya jangan terburu-buru. Luangkanlah waktu sekitar dua menit untuk membersihkan gigi kamu secara menyeluruh. Sikatlah gigi dengan lembut dengan gerakan melingkar bolak-balik untuk menghilangkan plak. Plak yang tidak dibersihkan bisa mengeras dan menyebabkan penumpukan karang dan gingivitis (penyakit gusi dini). Ingat, sikatlah bagian luar, dalam, dan permukaan gigi kamu yang sering digunakan untuk mengunyah.

Baca juga: 6 Kesalahan Orang Saat Menggosok Gigi

  1. Jangan Lupa Bersihkan Lidah

Saat membersihkan gigi, jangan lupa juga untuk membersihkan lidah dengan sikat gigi atau pembersih lidah. Pasalnya, plak juga bisa menumpuk di lidah kamu. Bila tidak dibersihkan, hal itu bisa menyebabkan bau mulut dan juga masalah kesehatan mulut lainnya.

  1. Gunakan Pasta Gigi Berfluoride

Ketika berbicara tentang pasta gigi, sebenarnya ada elemen lain yang lebih penting daripada pemutih dan rasa. Apapun produk pasta gigi yang kamu pilih, pastikan itu mengandung fluoride. Hal itu karena fluoride adalah pertahanan utama terhadap kerusakan gigi. Kandungan ini mampu melawan kuman yang bisa menyebabkan pembusukan, serta memberikan penghalang pelindung untuk gigi kamu.

  1. Bersihkan Gigi dengan Benang Sekali Sehari

Flossing atau membersihkan gigi dengan benang bukan hanya untuk mengambil potongan kecil makanan yang tersangkut di sela-sela gigi saja. Nyatanya, flossing merupakan bagian dari perawatan gigi dan mulut yang penting untuk dilakukan secara rutin, karena bermanfaat untuk merangsang gusi, mengurangi plak, dan meredakan peradangan di daerah tersebut. Jadi, bersihkanlah gigi dengan benang sehari sekali.

  1. Berkumur dengan Obat Kumur

Penggunaan obat kumur juga bisa membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Cairan tersebut bekerja dalam tiga cara, yaitu mengurangi jumlah asam di mulut, membersihkan area yang sulit disikat di dalam dan sekitar gusi, dan mengembalikan mineralisasi gigi.

  1. Kunjungi Dokter Gigi 6 Bulan Sekali

Meskipun kamu sudah menyikat gigi dan flossing secara teratur, tetapi kamu tetap perlu mengunjungi dokter gigi minimal dua kali dalam setahun. Dokter gigi tidak hanya bisa menghilangkan karang gigi dan mencari gigi berlubang, tapi juga menemukan masalah potensial dan memberikan solusi perawatan.

Baca juga: Ini yang Perlu Diperhatikan saat ke Dokter Gigi di Musim Pandemi

  1. Minum Banyak Air

Minum air yang cukup merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk kesehatan gigi dan mulut. Minum banyak air bisa membantu menghilangkan beberapa efek negatif dari makanan dan minuman yang lengket dan asam.

  1. Kendalikan Penyakit Bawaan

Bila kamu mengidap diabetes, berusahalah untuk mengendalikan penyakit tersebut. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi risiko terjadinya komplikasi, seperti penyakit gusi.

sumber : Halodoc/artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

English EN Bahasa Indonesia ID