Daftar HP Android dan iPhone Jadul Tak Bisa Pakai WhatsApp Mulai 1 November

Daftar HP Android dan iPhone Jadul Tak Bisa Pakai WhatsApp Mulai 1 November

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Daftar HP Android dan iPhone Jadul Tak Bisa Pakai WhatsApp Mulai 1 November
Ilustrasi HP Android dan iPhone yang tak lagi optimal pakai WhatsApp mulai 1 November 2021. Foto: Shutterstock
Mulai 1 November 2021, WhatsApp akan berhenti memberi dukungan pada sejumlah model handphone (HP), baik itu Android maupun iPhone. Langkah ini diambil agar perusahaan bisa fokus mengembangkan fitur-fitur WhatsApp di perangkat yang lebih baru.
Kerap meluncurkan fitur baru memang menjadi cara WhatsApp untuk menyenangkan para penggunanya. Namun, hal itu menjadi berat ketika para developer WhatsApp harus memikirkan perangkat HP jadul, agar fitur dapat bekerja optimal.

Oleh karena itu, beberapa waktu belakangan WhatsApp mulai meninggalkan dukungan untuk perangkat-perangkat lama. Terbaru, pada 1 November mendatang, WhatsApp sudah tak bisa lagi digunakan di HP dengan sistem operasi Android 4.0.4 atau di bawahnya dan iPhone dengan iOS 9 atau lebih rendah.

Sejumlah HP yang masuk dalam daftar tersebut, tidak akan lagi menerima dukungan dari aplikasi dan tidak akan kompatibel dengan WhatsApp. Meski WhatsApp tidak lagi mendukung perangkat HP jadul, itu bukan berarti bahwa aplikasi akan segera berhenti bekerja.
Daftar HP Android dan iPhone Jadul Tak Bisa Pakai WhatsApp Mulai 1 November (1)
Ilustrasi HP Android dan iPhone yang tak lagi optimal pakai WhatsApp mulai 1 November 2021. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Jika kamu punya salah satu dari HP yang masuk dalam daftar, perangkat masih bisa menggunakan WhatsApp untuk berkirim pesan. Namun, WhatsApp tidak akan memberikan pembaruan keamanan. Hal ini membuat kamu menjadi target para hacker, yang dapat memanfaatkan kerentanan ini untuk mencuri data pengguna.
Kamu juga tidak bisa lagi menikmati fitur WhatsApp Web, karena untuk memasuki platform, ia meminta untuk memindai QR code dari aplikasi versi terbaru baru.

Berikut ini adalah sejumlah model HP Android dan iPhone jadul yang tidak lagi didukung WhatsApp untuk menggunakan aplikasinya.
Android
  • Samsung: Galaxy Trend Lite, Galaxy Trend II, Galaxy SII, Galaxy S3 mini, Galaxy Xcover 2, Galaxy Core and Galaxy Ace 2
  • LG: Lucid 2, Optimus F7, Optimus F5, Optimus L3 II Dual, Optimus F5, Optimus L5, Optimus L5 II, Optimus L5 Dual, Optimus L3 II, Optimus L7, Optimus L7 II Dual, Optimus L7 II, Optimus F6, Enact , Optimus L4 II Dual, Optimus F3, Optimus L4 II, Optimus L2 II, Optimus Nitro HD and 4X HD, and Optimus F3Q
  • ZTE: Grand S Flex, ZTE V956, Grand X Quad V987 and Grand Memo
  • Huawei: Ascend G740, Ascend Mate, Ascend D Quad XL, Ascend D1 Quad XL, Ascend P1 S, and Ascend D2
  • Sony: Xperia Miro, Sony Xperia Neo L, Xperia Arc S
  • Alcatel: One Touch Evo 7
  • Merek lain: Archos 53 Platinum, HTC Desire 500, Caterpillar Cat B15, Wiko Cink Five, Wiko Darknight, Lenovo A820, UMi X2, Faea F1 and THL W8

iPhone

  • Apple iPhone 4s
  • Apple iPhone 5, iPhone 5c, iPhone 5s, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, dan iPhone SE (generasi pertama) yang masih memakai iOS 9
Untuk pengguna iPhone 5 series, iPhone 6 series, hingga iPhone SE generasi pertama, perangkat kamu juga bakal tidak bisa memakai WhatsApp per 1 November 2021, jika sistem operasinya masih iOS 9. Smartphone perlu di-update ke iOS 10 untuk bisa menggunakan aplikasi pesan milik Facebook ini.
Ini juga berlaku bagi pengguna salah satu HP Android yang masuk daftar di atas, kamu disarankan segera upgrade perangkatnya. WhatsApp juga memungkinkan pengguna untuk back up chat terlebih dahulu sebelum pindah ke perangkat yang lebih baru, agar riwayat obrolan tidak terhapus atau hilang.
sumber : Kumparan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

English EN Bahasa Indonesia ID