WOW… Viral Barter Emas di Pedalaman Papua, 1 Gram Dapat Kuota Internet 1 GB

WOW… Viral Barter Emas di Pedalaman Papua, 1 Gram Dapat Kuota Internet 1 GB

Belum lama ini video seorang pemuda di Papua membeli ayam, gula hingga paket internet dengan emas sebagai alat pembayaran sukses membuat heboh publik. Bahkan, untuk membeli paket internet 1 gigabyte (GB) ternyata harganya setara emas 1 gram.

Dalam video yang diunggah di akun Instagram @manaberita, seorang penjual kebutuhan sehari-hari memperlihatkan betapa mahalnya harga bahan-bahan di ujung timur Indonesia tersebut yang biasa dibeli menggunakan kepingan emas.
“Ini apa? Ini apa?” sang perekam sembari menunjukkan emas yang diterima dari pembeli.
“(Mau beli) ayam dua, gula satu,” jawab sang pembeli.
Viral Barter Emas di Pedalaman Papua, 1 Gram Dapat Kuota Internet 1 GB (1)
Viral pemuda di Papua barter emas untuk beli ayam dan gula. (Foto: Instagram @manaberita)
Setelah ditimbang, kepingan emas yang dibawa si pemuda itu seberat 2,7 gram. Untuk membeli dua ekor ayam dan 1 kilogram gula pasir, harga yang harus dibayar yaitu senilai 2 gram emas sehingga pembeliannya itu sisa 0,7 gram.


Tak hanya itu, sang perekam juga menunjukkan daftar harga paket internet jika dibayar menggunakan emas. Rupanya, untuk mendapatkan voucher 1 GB bisa dibayar menggunakan dengan 1 gram emas atau senilai lebih Rp800 ribu.
“100 Mb = 0,1 gram, 300 Mb = 0,2 gram, 300 Mb = 0,3 gram, 400 Mb = 0,4 gram, 500 Mb = 0,5 gram, 1 GB = 1 gram,” begitu daftar harga paket internet atau voucher wifi yang tertera.

Viral Barter Emas di Pedalaman Papua, 1 Gram Dapat Kuota Internet 1 GB (2)

Ilustrasi emas. Foto: Shutterstock.
Perekam video membeberkan bahwa warga setempat kerap melakukan barter emas untuk keperluan sehari-hari. Mulai dari membeli ayam, gula, hingga paket internet.


Tak ayal, usai video tersebut viral, para warganet melongo hingga tercengang melihat transaksi pembayaran tersebut. Apalagi, banyak yang menganggap emas tersebut seperti barang yang mudah didapat hingga melakukan barter saat membeli sesuatu.
Sayangnya, sejak video itu ramai diperbincangkan, belum diketahui di mana lokasi pasti video tersebut. Meski disebut di Papua, namun warganet menduga lokasi itu berada di pedalaman alias jauh dari kota hingga mengakibatkan kuota internet memiliki harga fantastis di daerah tersebut.
Terlepas dari itu, video tersebut kini telah dilihat lebih dari 48 ribu orang. Bahkan, publik seakan tak bisa berkomentar saat melihat pemuda itu melakukan barter emas untuk membeli kebutuhan sehari termasuk paket internet.


“Edan 1 gb harganya 1 gram emas. Padahal sekarang kalau 1 gram harganya hampir Rp900 ribu,” tulis @alishas_diarygram.
“1 Gb: 1 gram emas: Rp800 ribu. Auto pengin buka konter di sana,” sahut @yulhia_025.
“Yang masih pakai sound ‘ganteng review saldonya dong’ minggir dulu, real sultan lewat hahaha,” timpal @hendywljayaa. (fre)
sumber : kumparan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

English EN Bahasa Indonesia ID