Peningkatan Belajar Online di Masa Pandemi 

Peningkatan Belajar Online di Masa Pandemi 

Peningkatan Belajar Online di Masa Pandemi 

SEVIMA.COM – Adanya pandemi ini membuat dunia pendidikan dihadapkan dengan pembelajaran hybrid learning dan program kelas online. Adanya kasus pandemi ini membuat permintaan untuk mengadakan pembelajaran online pun juga terus meningkat.

Pembelajaran online dinilai menjadi salah satu solusi untuk mengatasi keadaan darurat dalam dunia pendidikan. Terlebih bagi para mahasiswa pekerja yang harus melakukan double-job di tengah pandemi ini. Pembelajaran melalui online learning sangat bermanfaat bagi mereka.

Untuk meningkatkan pembelajaran secara online, terdapat dua kategori yang bisa dilakukan yaitu:

  1. Meningkatkan struktur & penyampaian pembelajaran
  2. Memberikan dukungan untuk mahasiswa

Meningkatkan struktur & penyampaian pembelajaran

Pada proses ini, pengajar harus benar-benar memahami bagaimana penyampaian yang tepat agar materi di dalam sebuah pembelajaran bisa diterima oleh mahasiswa. Dalam proses ini, terdapat empat hal yang harus diperhatikan dengan baik. Keempat hal tersebut adalah.

  1. Mengoptimalkan platform pembelajaran dengan baik

Sejak 2020 lalu, pemerintah sudah memutuskan untuk menyelenggarakan proses pembelajaran secara online. Untuk mengantisipasi permasalahan tersebut, pihak perguruan tinggi harus menyediakan sarana pembelajaran online yang baik.

Dengan menggunakan platform pembelajaran yang baik, maka akan mendukung proses pengalaman belajar mahasiswa. Pemilihan platform pembelajaran yang tepat dipastikan akan membantu mahasiswa dan dosen untuk lebih bisa berdiskusi selama kegiatan belajar mengajar dengan baik.

a. Mengadakan pembelajaran yang fleksibel

Sudah bukan rahasia lagi, di tengah pembelajaran online pasti terkendala dengan jaringan internet dan perangkat komputer. Untuk mengantisipasi hal tersebut, perguruan tinggi bisa menggunakan dua metode pembelajaran, yaitu synchronous dan asynchronous learning.

Synchronous dan asynchronous learning dikatakan dapat membantu mahasiswa untuk mengejar materi perkuliahan yang tidak bisa diikuti. Sehingga, mahasiswa masih bisa mengulang materi tersebut meskipun terkendala jaringan.

b. Penyampaian materi yang menarik

Meskipun pembelajaran dilakukan secara online. Namun, dosen harus memastikan bahwa pembelajaran online harus dikemas semenarik mungkin. Pembelajaran yang menarik dinilai akan meningkatkan semangat mahasiswa saat mengikuti perkuliahan.

Untuk lebih meningkatkan kemampuan mahasiswa, dosen bisa memberikan latihan soal dan evaluasi belajar mahasiswa setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar. Sebagai hasilnya, mahasiswa akan lebih memahami materi yang diberikan tersebut.

c. Peningkatan akses pelatihan untuk menciptakan SDM yang baik

Keputusan untuk melakukan pembelajaran online memanglah sangat mendadak. Setiap perguruan tinggi perlu mengkaji ulang mengenai berbagai persiapan yang harus dilakukan.

Salah satu caranya dengan melakukan peningkatan pada SDM di dalam sebuah fakultas atau kampus tersebut. Peningkatan SDM tersebut bisa dilakukan dengan melakukan studi banding dan sharing dengan para profesor atau ahli agar proses pembelajaran online bisa terlaksana dengan baik.

Baca juga: Dosen, Ini 5 Tips Kuliah Online agar Lebih Efektif dan Karakter Pembelajaran Tercapai

2. Memberikan dukungan untuk mahasiswa

Sukses menyelenggarakan pembelajaran online, memang membutuhkan tenaga yang ekstra untuk mewujudkannya. Pembelajaran online harus didukung dengan berbagai upaya untuk membentuk sumber daya manusia yang baik dan berkualitas.

Meskipun seluruh kegiatan belajar mengajar dilakukan di rumah masing-masing. Bukan berarti mahasiswa tidak bisa merasakan pengalaman belajar bersama dengan baik. Agar mahasiswa bisa dengan baik mengadakan kegiatan belajar mengajar, maka dosen bisa melakukan beberapa kegiatan yang mendukung perkuliahan mereka, antara lain:

a. Mengubah seluruh proses pembelajaran tatap menjadi pembelajaran online

Selama masa pandemi ini, seluruh kegiatan yang bisa dilakukan secara tatap muka harus bisa dilakukan secara online. Pihak perguruan tinggi harus mempersiapkan kebutuhan apa saja yang dibutuhkan mahasiswa untuk melakukan kegiatan belajar mengajar online.

Agar terciptakan pembelajaran online yang menarik dan sukses, pihak perguruan tinggi juga harus siap memberikan sumber daya tambahan untuk mahasiswanya. Mulai dari platform pembelajaran yang menarik, jadwal kuliah yang sudah ditentukan, dan media lain yang dibutuhkan saat pembelajaran online tersebut.

b. Memberikan dukungan mental kepada mahasiswa

Tanpa disadari, selama masa pandemi ini banyak mahasiswa yang mengalami krisis mental. Adanya berbagai tekanan dan kondisi membuat mahasiswa sulit untuk melakukan kegiatan belajar mengajar. Akibatnya, banyak mahasiswa yang mengalami stres atau depresi di tengah pembelajaran online ini.

Untuk mengantisipasi permasalahan tersebut, dosen bisa memberikan dukungan mental kepada mereka. Dukungan mental tersebut dinilai akan mendorong kemauan mereka untuk terus semangat dan sukses dalam melakukan kegiatan belajar mengajar online.

c. Menikmati dan memanusiakan proses pembelajaran online

Meskipun pembelajaran berpaku pada jaringan internet dan kecanggihan teknologi. Bukan berarti kita harus kehilangan sisi humanis. Dosen bisa mengajak mahasiswa untuk melakukan diskusi ataupun melakukan face-to-face agar mahasiswa tetap bisa merasakan makan belajar di dalam kelas dengan semestinya. Maka dari itu, Anda tak perlu ragu lagi untuk terus mengadakan diskusi atau pun melempar pertanyaan secara individu kepada mahasiswa Anda selama pembelajaran online.

Baca juga: Terbukti! 5 Tips Kuliah Online Agar Menyenangkan Namun Efektif

Kegiatan pembelajaran online yang terus berlangsung, membuat mahasiswa dan dosen harus terus berjuang untuk melakukan kegiatan belajar mengajar. Namun, perlu di garis bawahi, bahwa kegiatan belajar mengajar online ini bukan menjadi suatu penghalang untuk menyukseskan pendidikan selama masa pandemi. Inilah saatnya Anda harus berinovasi dan mengencangkan ikat pinggang untuk membentuk pendidikan baru yang baik dan kompeten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *