Memberikan informasi dan inspirasi

Mahasiswa Baru Fakultas Hukum Wajib Baca 3 Hal Ini!

Hai Sobat Campuspedia! Menjadi seorang mahasiswa baru adalah pengalaman yang menegangkan tetapi juga menyenangkan. Kamu akan menemui banyak hal baru dan belajar untuk beradaptasi dengan dunia perkuliahan. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa baru ada baiknya kamu paham betul mengenai fakultas dan jurusan yang kamu pilih. Nah, kali ini Campuspedia akan memberikan tips bagi kamu mahasiswa baru supaya bisa survive di fakultas hukum. Simak informasinya di bawah ini ya!

1. Play It By The Book

Sobat Campuspedia, sebagai seseorang yang kelak menjadi praktisi hukum dan berhubungan erat dengan pelaksanaan Undang-Undang, wajib bagi kalian untuk memahami teori dasar dan pengantar ilmu hukum. Dalam wawancara dengan hukumonline.com, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Yayan Sopyan membeberkan beberapa buku bacaan wajib mahasiswa fakultas hukum, yakni Pengantar Ilmu Hukum karya C.S.T Kansil, berbagai edisi Asas-Asas Hukum karya Wirjono, Pengantar Dalam Hukum Indonesia karya E. Utrecht/Moh. Saleh Djandang S.H., dan Pokok – Pokok Hukum Perdata karya Prof. Surbekti S.H.

unsplash.com

Selain buku di atas tentu saja materi dasar dari sumber hukum resmi negara kita seperti Undang-Undang Dasar 1945, Hukum Tata Negara, Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, dan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana wajib paham.

Memperbanyak sumber bacaan akan membantumu mengoptimalkan kerangka berpikir dalam memecahkan suatu permasalahan. Tentunya hal ini sangat dibutuhkan bagi mahasiswa fakultas hukum yang dituntut untuk berpikir kritis setiap harinya.

2. Supel, Fleksibel dan Punya Banyak Relasi

Menjadi seorang praktisi hukum, kelak kamu akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai kalangan. Mulai dari birokrat atau pejabat kelas atas hingga para pedagang kaki lima. Oleh karena itu menjadi seorang pribadi yang supel dan fleksibel akan sangat membantu kalian. Tingkatkan skill komunikasimu dengan memperbanyak relasi yang dimiliki. Perbanyak berdiskusi dengan dosen, teman-teman sefakultas maupun beda fakultas dan komunitas yang kalian ikuti.

3. Jangan Jadi Kupu-Kupu!

Istilah mahasiswa ’kupu-kupu’ atau kuliah-pulang-kuliah-pulang it’s a big no buat mahasiswa baru fakultas hukum. Agar bisa mengeksplore kemampuanmu, kamu bisa ikut berbagai kegiatan organisasi, workshop atau bahkan magang. Hal ini akan sangat membantumu untuk meningkatkan skill manajemen waktu, menambah network, mempertajam wawasan dan lain-lain. Hanya mengandalkan kegiatan belajar akademik saja tidak cukup.

Selain itu, manfaat lainnya dengan berorganisasi adalah maba bisa membangun jaringan yang luas dengan mahasiswa di fakultas lainnya. Workshop atau pelatihan juga menjadi hal penting untuk diikuti karena selain mendapatkan pelatihan serta keahlian sesuai dengan keilmuannya, Sobat Campuspedia juga bisa memanfaatkan sertifikat yang didapatkan sebagai bekal dalam mengahadapi dunia kerja. Dalam workshop, kamu akan lebih banyak dilatih berpraktik, tidak hanya sekedar teori saja.

unsplash.com

Magang juga bisa dijadikan salah satu alternatif untuk mengisi kegiatan selama menjadi mahasiswa baru. Hal ini akan membantu kamu belajar mengimplementasikan ilmu hukum sehingga mahasiswa baru akan terpacu untuk belajar mandiri dan dapat bertanya langsung dengan praktisi yang sudah ahli. Belajar langsung dari sumbernya adalah hal yang patut dicoba!

Nah, itu tadi 3 tips yang bisa kamu terapkan sebagai mahasiswa baru fakultas hukum! Semoga tips ini bisa membantu kamu survive di fakultas idamanmu ini! Agar tidak ketinggalan tips-tips bermanfaat dunia perkuliahan lainnya, jangan lupa follow Campuspedia di InstagramFacebook, OA LINE dan juga di Twitter!



Hosting

Translate Β»